0822 1015 9595 notafurnitur@gmail.com

Merawat kitchen set – Bila dalam sebuah rumah terdapat dua model dapur yaitu dapur basah dan dapur kering tentu ketika merawat dapur set tersebut butuh tenaga ekstra dan chemical berbeda karena kedua model ini tidak sama penggunaannya.

Kitchen basah dengan area lebih terbuka dan peralatan berat serta penggunaannya cenderung pada kegiatan memasak dengan jenis masakan yang berat dan memerlukan waktu lama dalam proses memasaknya. Seperti membuat rendang, memasak soup atau sayur dalam volume lebih banyak.

Sedangkan kitchen kering biasanya digunakan untuk melakukan kegiatan memasak yang dilakukan lebih instan seperti membuat sarapan pagi dengan roti bakar dan jus buah atau menghangatkan kue dengan microwave.

Pada umumnya area dapur pada hunian kecil hanya memiliki satu model kitchen set dan terkadang berada pada runagan yang tersambung dengan ruang lain.

tips merawat kitchen set rapih

Dalam kondisi seperti ini apabila dapur tidak dirawat dan dibersihkan secara teratur tidak hanya akan membuat furniture dapur cepat rusak tetapi juga dapat merusak keindahan dan keasrian rumah. Percikan minyak, tumpahan masakan air, dan peralatan memasak serta sisa-sisa makanan sampai noda gosong akan membuat area kitchen menjadi kumuh.

Merawat Kitchen Set Agar Tetap Rapih

Membersihkan noda dan sisa masakan atau makanan setiap hari bukan pekerjaan menyenangkan, akan tetapi harus dilakukan setiap selesai kegiatan memasak atau makan, karena bila noda atau kotoran tidak dibersihkan setiap hari apalagi sampai mengarat maka akan semakin merepotkan dan sulit untuk dibersihkan sehingga kitchen set tidak terawat dengan baik.

Untuk itu sangat perlu di siapkan peralatan dan chemical untuk mebersihakan di area dapur agar tidak menunda perawatan furniture kitchen sehingga kotoran tidak sampai membekas di peralatan dapur.

Tidak semua peralatan atau bagian kitchen terbuat dari bahan kayu yang cukup dengan lap dan air bersih untuk membersihkannya. Sebagian peralatan mungkin terbuat dari bahan metal dan harus tetap terjaga kilaunya. Untuk merawat kitchen set ini gunakan sedikit chemical untuk metal dan jangan terlalu berlebihan karena apa bila terlalu berlebihan akan membuat kilau warna atau pelapis metalnya menjadi rusak.

Jenis pembersih seperti yang dijual di toko-toko sudah cukup baik untuk membersihkan barang anda yang terdapat pada kitchen area. Bila pemeliharaan dilakukan secara rutin sejak awal maka tidak akan terlalu sulit untuk merawatnya.

Gunakan sarung tangan karet apabila kotoran yang melekat sudah terlalu berat seperti karat dan noda yang meresap.

Menggunakan air hangat untuk campuran pembersih dengan kandungan bahan kimia ringan cukup membantu agar kotoran atau noda melekat mudah dibersihkan.

Bila harus menggunakan chemical dengan kandungan kimia berat seperti pembersih porselain yang terdapat pada backpanel dinding kitchen set maka penggunaan masker dan sarung tangan karet mutlak diperlukan.

panel dinding kitchen set

Untuk noda meresap seperti noda pada countertop granit atau tabletop bahan keras lainya lebih di sarankan menggunakan jasa profesional selain menghemat waktu juga tampilan table top tersebut tidak menjadi rusak atau memudar warnanya dan anda tidak harus menyediakan chemical untuk pelapis kilau bahan keras tersebut. Semoga sedikit tips merawat kitchen set ini dapat membantu dan bermanfaat untuk dapur rumah anda.

Jika anda membutuhkan jasa pembuatan furniture untuk dapur atau furniture kamar set dan lainnya jangan sungkan untuk menghubungi kami NOTA FURNITURE.

Share This