0822 1015 9595 notafurnitur@gmail.com

Rencana adalah bagian yang terpenting dari sebuah tindakan. Sayangnya, tidak semua orang bertindak sebagai perencana (planner), ada orang yang hanya bisa bertindak sebagai peng-eksekusi (Do-er). Tips di bawah ini sangat berguna bagi anda yang merasa hanya bisa sebagai pengeksekusi.

  1. Temukan alasan kenapa anda harus mengganti desain dapur

Sebelum anda berniat menggantinya, temukan alasan yang pas dan tepat kenapa anda harus menggantinya?. Alasan anda boleh klise kok: sudah bosan dengan desainnya, atau mungkin alasan lain seperti, ingin mengganti suasana saja, dan dapurnya sudah banyak yang rusak.

  1. How to plan?

Rencana adalah pondasi sebuah tindakan atau kegiatan. Dengan rencana, apa yang akan lakukan akan lebih terarah dan sempurna. Cara sederhana yang bisa anda lakukan adalah memberi highlight pada kalimat-kalimat penting berikut, Kebutuhan akan perabotan, Budget yang dimiliki, Konsep yang diinginkan. Tiga hal ini adalah pilar anda untuk membuat rencana mengganti desainnya.

Kebutuhan akan Perabotan, yang dimaksud butuh di sini lebih khusus untuk mewakili pada perabotan-perabotan yang mempunyai manfaat besar untuk dapur anda.

Budget yang dimiliki, jangan sampai keinginan anda untuk membuat dapur yang lebih nyaman mengganggu perekonomian keluarga anda. Oleh karena itu ukurlah sampai di mana kekuatan keuangan anda untuk mendesain dapur.

dapur minimalis

Konsep yang diinginkan, Setelah and mengetahui secara hitungan dan pasti keuangan anda. Maka carilah konsep yang cocok dengan budget serta nyaman untuk anda.

Desain Dapur Khusus Ruang yang Mini

Memilih jenis desain dapur yang sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan memang penting. Apalagi jika kita bisa menemukan konsep terbaik dan mengeluarkan gaya kita di dapur kita. Tentu ini bisa menjadi nilai tambah. Jika anda sedang membutuhkan desain dapur yang disesuaikan dengan ruangan anda yang mini, ini dia solusinya untuk anda;

  1. Pilih warna terang

Warna gelap seperti hitam, cokelat tua, dan yang lainnya hanya akan mengesankan ruang menjadi lebih sempit. Pemilihan keramik juga sangat menjadi perhatian untuk dapur yang kecil. Putih lebih baik.

  1. Tempatkan cermin untuk memberi kesan lebar

Meletakkan cermin di sudut jauh dari kompor akan memberi kesan yang luas karena hasil refleksi antara dindingnya kuat. Dengan refleksi ini, ruangan anda yang tadinya hanya selebar 1,5 m bisa terlihat bertambah 2 kali lipat.

  1. Ventilasi lebih banyak lebih baik

Cara kedua jika tidak ada cermin adalah dengan memperbanyak ventilasi atau dekat dengan pintu ke pekarangan belakang. Tujuannya, saat anda membuka pintu dan ventilasi ini, anda akan langsung melihat alam. Sehingga kesan luas akan dengan mudah anda dapatkan. Akan tetapi, jangan sampai angin yang masuk mengganggu api masak anda.

  1. Furniture yang menempel dinding lebih baik

Pemilihan perabot yang akan mengisi dapur menjadi penting, pilihlah yang menempel di atas untuk raknya. Jangan habiskan ruang bawah atau lantai anda, karena semakin banyak yang berdiri di bawah akan mempersempit ruang gerak anda. Cukup kulkas, meja, dan keramik untuk kompor yang berada di bawah.

Pencahayaan Terbaik untuk Desain Dapur Anda

Pencahayaan untuk dapur anda sangatlah penting, ini dapat membantu anda untuk bekerja di malam hari, khususnya saat menyiapkan makan malam. Selain itu, dengan desain pencahayaan yang tepat, anda juga bisa menghemat biaya pemakaian listrik. Untuk itu, desain dapur anda harusnya mengandung unsur:

  1. Alami

Menempatkan unsur alami pada dapur akan membuat anda betah berlama-lama di dapur. Anda bisa membawa warna lampu putih dipadukan dengan tembok yang berwarna putih juga. Untuk membawa kesan elegan, lampu warna biru untuk malam hari bisa menjadi pilihan.

  1. Terang dan Lux

Lampu yang anda gunakan juga harus cerah namun tidak menyilaukan. Pilihlah yang pas untuk anda dan keluarga. Kesan lux bis anda dapatkan dengan menambahkan pernak-pernik di lampu anda, warna-warni yang membuat anda tidak bosan dengan putih.

  1. Membuat kesan luas untuk ruangan

Pencahayaan di desain dapur juga harus bisa membawa kesan luas meskipun dapur tersebut sebenarnya mini. Salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak membuat dapur anda dalam satu warna saja. Misal, dinding yang putih padukan dengan kursi yang terbuat dari kayu yang soft. Memang terkesan lampu kurang penting di sini. Namun dengan tata ruang seperti ini, fungsi lampu akan lebih maksimal. Dibanding jika misalnya dapur anda semua berwarna putih.

  1. Perlunya lampu darurat

Ini untuk jaga-jaga anda saja, saat mati lampu. Bisa didapat dengan mudah melalui toko online.

Pilihan Furniture Sangat Penting Untuk Desain Dapur

Setelah rumah anda jadi, anda tentu harus segera mengisinya dengan segala jenis furniture kan? tak terkecuali bagian dapur anda. Berikut tips singkat untuk memilih furniture yang terbaik untuk desain dapur anda;

  1. Pilihlah yang mudah dibersihkan

Hal yang paling penting saat membahas dengan dapur adalah kebersihan. Maka dari itu memilih furniture yang mudah dibersihkan penulis jadikan prioritas utama. Perkakas dapur anda sangat rawan sekali kotor, seperti minyak, darah daging, dan lain sebagainya. Untuk itulah furniture anda, utamanya yang dekat dengan kompor (bagian untuk mempersiapkan makanan) harus mudah bersihkan. Akan sangat efektif jika bagian ini bisa dibersihkan dalam sapu sapuan menggunakan serbet.

  1. Yang berkualitas tapi murah

Pilihlah lemari, buffet, dan perabot lain yang berkualitas, tidak mudah berjamur saat terkena lembab. Dengan memilih yang berkualitas, anda sebenarnya sedang berhemat karena furniture anda akan tahan dalam waktu lama.

  1. All in one

Akan lebih baik jika anda memilih furniture yang all ini one, ini dimaksudkan untuk membuat kesan lega di dapur anda. Apalagi jika anda mau memilih furniture yang menempel dengan dinding, tentu ini akan meringkas ruangan dan efektif untuk pekerjaan dapur anda.

  1. Senada dengan warna tembok anda

Pilihlah warna yang sesuai. Senada bukan berarti harus sama warna. Kalau sama warnanya malah kadang akan terasa membosankan. Jika tembok anda putih, mungkin warna perak dipadu dengan silver atau wood bisa menjadi pilihan yang pas. Pastinya, ini akan mempercantik desain dapur anda.

Kreatifitas anda dengan menghasilkan sebuah karya akan membuat kepuasan tersendiri jangan membatasi diri untuk hal-hal yang membuat buntu dan terhambatnya kreatifitas tersebut. Sedikit pengetahuan dengan pengalaman  akan membuat anda lebih percaya diri tetap berkreasi.

Share This