0822 1015 9595 notafurnitur@gmail.com

Banyak sekali bentuk desain dapur yang bisa anda jadikan inspirasi, tentunya disesuaikan dengan ruangan dapur anda, berikut beberapa jenisnya:

1. Dapur bentuk huruf G
Desain dapur ini cocok untuk keluarga besar yang memerlukan perabot-perabot yang banyak dalam rumahnya. Karena bentuknya yang melengkung, bentuk G ini cocok untukukuran dapur yang luas.

2. Dapur lurus atau satu garis saja
Berbeda dengan G, dapur dengan bentuk garis ini sangat sederhana sehingga cocok untuk dapur yang kecil atau minimalis. Juga cocok untuk keluarga kecil yang baru berumah tangga.

3. Dapur bentuk huruf L
Dapur bentuk L sangat cocok dengan ruangan dapur yang sedang. Misal, rumah minimalistipe 45.

4. Dapur pantai
Dapur berbentuk pantai ini sebenarnya terdiri dari dua garis yang berhadapan. Untuk bentuk yang satu ini, cocok untuk anda yang mempunyai ruang dapur dengan pintu antara penghubung ruang dapur dengan ruang tengah dan pintu penghubung ruang dapur dengan pekarangan atau halaman segaris. Bagian tengah dapur ini adalah tempat anda untuk beraktivitas atau keluar masuk lewat pintu tersebut.

5. Dapur dengan bentuk huruf U
Termasuk dalam pilihan ruangan dapur yang berbentuk persegi panjang. Dengan bagian tengah yang cukup luas untuk beraktivitas. Seperti namanya, kitchen untuk bentuk dapur ini melingkari ruangan membentuk huruf U.

6. Gabungan U dan pantai
Bentuk ini sebenarnya adalah turunan dari bentuk pantai yang tidak memiliki pintu penghubung antara dapur dan halaman belakang. Jadi bagian tersebut tertutup oleh tembok atau ada ventilasinya. Bedanya dengan U, kitchen set tidak dipasang di bagian tersebut untuk memberikan efek lega.

Warna Desain Dapur Modern

Desain dapur modern harus ada untuk rumah kesayangan anda. Penerapan dapur modern berati mengubah desain interior dapur mulai dari bahan, tata letak, pilihan warna, dan letak dapur serta kitchen equipment (peralatan).

Fokus desain kita kali ini ada pada pilihan warna biru untuk dinding dapur modern yang akan menjadi trend dengan warna gelap demi mendapatkan suasana menyejukkan supaya tampil menarik dan nyaman untuk digunakan memasak.

dinding dapur dark blue

Gaya Dapur natural

Untuk mendapatkan konsep natural di dapur anda, sebaiknya pilih warna putih, silver metalic, atau hijau, dan coklat. Beberapa referensi yang bisa anda lihat adalah dapur di restoran besar McD, KFC atau dapur di acara lomba memasak seperti master chef Indonesia. Mereka kebanyakan memakai warna silver karena bahan yang dipilih dalam membuat dapurnya adalah stainless steel.

Warna Desain Dapur Penambah Nafsu Makan

Pernahkah anda berpikir kenapa restoran yang saya sebutkan di atas tadi memilih warna merah dan turunannya? Jawabannya adalah untuk mengundang gairah nafsu makan para pembeli yang lewat. Warna merah merupakan warna yang bisa menimbulkan hasrat untuk bergerak (beraksi). Kalau di terapkan di dapur, maka memasak anda jadi lebih bersemangat dan keluarga anda jadi lahap makan.

Gaya Desain Dapur Mewah

Untuk pilihan gaya mewah, hal yang harus di isi adalah peralatan masak yang lengkap. Warna material silver selain kesan natural juga bisa menimbulkan kesan mewah. Warna lainnya adalah hitam berkilau. Warna ini mampu memberikan pancaran kemewahan karena cahaya lampu dapur anda dipantulkan melalui kilauan materialnya.

Pemilihan Warna Lantai Dalam Desain Dapur

Untuk mendapatkan desain dapur yang sempurna, selain furnitur dan perabot lainnya, anda juga perlu memikirkan lantai dasar dapur tersebut. Karena lantailah yang berfungsi untuk menunjang aktivitas dalam ruang, membentuk karakter, dan menjaga orang yang sedang beraktivitas tersebut. Oleh karena itulah, penting rasanya memperhatikan pemilihan lantai untuk dapur anda;

1. Ukuran Lebar
Pilihlah ukuran lantai yang lebar. Ini akan jauh lebih bisa menunjukkan karakter luas dari ruangan anda. Selain dapat menekan biaya pembuatan dapur.

2. Warna sesuai
Warna yang bisa anda pilih adalah warna-warna soft dan netral. Warna ini akan memudahkan anda dalam memilih perabot yang sesuai. Selain itu, lebih baik pilih yang polos saja. Terlalu banyak gambar di lantai dapur anda akan memberi kesan ramai.

3. Mudah dibersihkan
Kategori yang satu ini mempunyai beberapa fungsi; Pertama, agar saat lantai basah bisa dapat segera dibersihkan, sehingga anda dapat beraktivitas dengan leluasa tanpa takut ada lantai licin. Kedua, lantai dapur yang lembab, biasanya karena dia tidak mudah dibersihkan. Dengan lantai yang lembab akan dapat mengganggu kesehatan anda dan keluarga (karena dingin). Jadi, lantai yang baik adalah yang membawa kesan kering.

4. Tahan lama
Unsur terakhir yang harus dipenuhi adalah tahan lama. Pembangunan lantai pada saat membangun rumah harus dipastikan benar, sehingga tidak ada ubin yang semennya kurang. Ini dapat mengakibatkan ubin cepat retak karena ada rongga dalam semen. Jika sampai ini terjadi, akan dapat mengurangi nilai artistik desain dapur anda.

Sesuatu yang baik memang tidak bisa didapat dengan mudah tetapi bila diupayakan maka akan terlihat hasil yang bisa dijadikan ukuran dan perencanaan selanjutnya. selamat berkreasi untuk dapur rumah yang bisa membuat anda puas dan memberi fasilitas dapur yang nyaman untuk keluarga anda.

Share This