0822 1015 9595 notafurnitur@gmail.com

Tips Agar kamar Set Anak Lebih Menarik – Kamar merupakan salah satu komponen yang penting dalam sebuah rumah, tempat dimana kita dapat melepas lelah dengan beristirahat seusai beraktifitas seharian. Bagi sebagian ayah bunda yang sudah memberikan anak mereka izin untuk mempunyai kamar pribadi sendiri, berikut beberapa tips yang bisa dicoba agar anak lebih nyaman dan senang ketika berada di kamar:

Pemilihan warna yang tepat

Warna cat kamar sangat berperan penting bagi kenyamanan si pemilik kamar (si anak tadi). Kebanyakan anak-anak mempunyai selera warna yang sama yaitu warna-warna cerah yang mencolok. Namun perlu dicatat bahwa tidak semua anak mempunyai selera warna yang sama, mungkin ada yang suka biru, ada yang suka merah, hijau dan warna-warna cerah lainnya.

Dalam pemilihan warna juga harus sesuaikan untuk siapa kamar set anak tersebut ditujukan, apakah untuk kamar cewek atau cowok. Jangan sampai para ayah bunda salah dalam pemilihan warna, misalnya penggunaan warna pink (merah muda) untuk kamar cowok.

Sebetulnya warna tersebut sah-sah saja tapi penilaian sosial berpengaruh disini ketika ada teman cowoknya yang main dan bertanya “kok kamar cowok pink sih, kenapa gak merah muda (sama aja)”. Dari pada timbul pemikiran yang tidak-tidak lebih baik dihindari wana-warna girly untuk kamar anak cowok.

Kamar anak cowok cenderung menggunakan warna yang lebih tegas atau bold, semisal putih, biru, dan merah. Berbeda dengan kamar set anak cewek yang lebih cenderung menyukai warna-warna yang soft seperti merah muda atau pink, biru muda, ungu muda dan warna-warna soft lainnya.

Kamar Set Anak

Kamar anak paduan warna biru

Ada baiknya jika orang tua bertanya terlebih dahulu pada selera warna apa yang diinginkan si anak untuk warna kamar nya yang akan dia tempati karena pada dasarnya sifat pribadi anak itu unik dan berbeda-beda. Sehingga kamar set anak yang ayah bunda berikan sebaiknya sesuai dengan keinginan si anak.

Pilih furniture yang diperuntukkan bagi anak

Karena setting kamar yang memang ditujukan untuk anak, maka isi perabotan kamar (furniture) yang digunakan juga khusus untuk anak-anak. Mengingat fisik mereka yang masih kecil dan dalam masa pertumbuhan, furniture yang digunakan juga harus berukuran lebih kecil/rendah jika dibandingkan dengan furniture para orang dewasa.

Pemilihan furniture yang tepat akan memudahkan mereka beraktifitas di dalam kamar, seperti belajar di meja belajar yang nyaman, menata bajunya sendiri di almari ataupun hanya sekedar berbaring di tempat tidurnya yang nyaman.

Hias dinding interior kamar anak (tema kamar)

Selain menggunakan pemilihan warna yang tepat untuk kamar set anak, ayah bunda juga dapat menambahkan motif atau tema kamar yang anak-anak sukai. Contoh kecilnya adalah karakter film kartun atau animasi yang dia gemari.

Anak cewek lebih menyukai sesuatu yang lucu dan cantik seperti tokoh Minion dari film The Despicable Me, Elsa dari film The Frozen, dan Hello Kitty (ya dari serial Hello Kitty). Untuk kamar set anak cowok biasanya lebih menyukai karakter dari film-film action seperti Batman, Spiderman, Superman, The Avengers dan tokoh-tokoh super hero yang lainnya.

Ayah dan bunda bisa juga bisa menambahkan konsep edukasi pada dinding interior kamar anak. Misalnya dengan memambahkan motif alphabet, rumus, ataupun table periodik unsur (wuih) pada kamar anak. Selain bagus dipandang juga ada fungsi edukasi yang diberikan oleh hiasan dinding di kamar set anak.

Atur pencahayaan yang cukup.

Agar si buah hati tetap sehat, usahakan pencahayaan ke kamar dalam keadaan baik, dengan menambahkan jendela ataupun atap yang transparan sehingga memungkinkan cahaya matahari masuk kedalam kamar. Hal ini ditujukan agar kamar anak tidak terlalu lembab yang dapat memicu munculnya penyakit kulit (utamanya).

Untuk penerangan atau pencahayaan di malam hari gunakan pencahayaan yang cukup pada kamar set anak agar anak dapat belajar dengan kondisi pencahayaan yang baik. Ruangan yang terlalu redup akan membuat anak malas untuk belajar karena menyebabkan munculnya rasa kantuk.

Tambahkan motif pada tempat tidur.

Tempat tidur merupakan tempat yang paling nyaman, di dalam kamar anak ayah dan bunda juga bisa tambahkan motif disini. Misalnya motif gambar karakter atau apapun yang disenangi si anak pada selimut, sarung bantal, sarung guling, ataupun pada sprei.

Ventilasi udara yang baik.

Ventilasi udara yang baik pada kamar anak akan membantu dalam proses pergantian udara yang ada di dalam dengan udara luar yang lebih segar dan sejuk. Membantu agar pernafasan tetap sehat dan tidak terasa pengap di dalam kamar karena sirkulasi udara yang lancar.

Tips Tambahan Agar Kamar Set Anak Lebih menarik

Tambahkan perlengkapan kamar lainnya selain hal-hal penting yang telah disebutkan diatas, perlengkapan penunjang yang perlu disediakan pada kamar set anak seperti rak sepatu, tempat pakaian kotor dan tempat sampah. Selain anak bisa nyaman dengan penambahan perlengkapan ini anak juga lebih bisa mengatur kebersihan kamarnya sendiri, tahu untuk menempatkan sesuatu pada tempatnya agar kamar lebih terlihan praktis dan yang pasti lebih sehat.

Nah, itu tadi beberapa tips agar kamar set anak lebih menarik bagi anak. Semoga bisa membantu ayah dan bunda ataupun siapa saja yang ingin menyiapkan kamar bagi anaknya agar anak lebih nyaman saat si buah hati berada dikamar.

Pesan segera melalui ;

Simpati : 0822 1015 9595

Mentari : 0815 7442 2233

whatsapp: 0815 7442 2233

BB : 7A1B7288

Share This