0822 1015 9595 notafurnitur@gmail.com

Rumah merupakan tempat paling nyaman dibumi (paling tidak itu pendapat penulis), ketika kita telah penat dan lelah bekerja atau beraktifitas seharian pasti yang ada dalam otak hanya bayangan untuk cepat sampai rumah (melebihi akan bayangan hal-hal indah lainnya).

Di dalam rumah juga tempat kita berinteraksi dengan anggota keluarga, entah itu hanya sekedar bersantai bersama, makan malam dalam satu meja makan, menonton tayangan yang menjadi favorit atau bersenda gurau dengan mereka. Rumah bak sebuah paper clip yang menyatukan lembaran-lembaran buku yang terpisah.

Tips Menata Desain Interior Rumah

Mengingat betapa pentingnya peran rumah bagi kehidupan keluarga perlu diperhatikan juga desain interior tempat yang sehari-hari kita lihat tersebut. Desain yang tepat sesuai dengan kepribadian kamu akan menambah nyaman dan indah suasana rumah. Berikut akan kita bahas beberapa tips dalam menata desain interior rumah kamu agar lebih terlihat cantik dan eye catching.

Menata Desain Interior

Pemilihan tema ruangan
Akan seperti apa desain interior rumah anda akan sangat ditentukan oleh tema ruangan yang anda pilih. Pilihlah tema ruangan yang sesuai dengan sifat dan kepribadian kamu atau berhubungan dengan hobi dan hal-hal yang kamu sukai.
Contoh kecilnya jika anda menyukai hal-hal yang berbau jadul (jaman doeloe), tema vintage ataupun classic merupakan pilihan yang paling tepat buat desain interior rumah kamu. Sebaliknya, jika kamu menyukai hal-hal yang futuristic dan kekinian, tema minimalis yng sedang menjadi tren saat ini sudah pilihan yang tepat buat desain interior rumah kamu.

Pemilihan warna ruangan
Siapa sih yang tidak ingin rumahnya tampil indah dan menawan jika dipandang, pasti semua orang menginginkan hal tersebut. Nah salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih warna yang tepat unuk desain interior rumah kamu. Berdasarkan psikologi warna atau the psychology of color warna-warna yang ada pada cat rumah anda akan memberikan kesan pada suasana hati atau mood seseorang yang berada di situ.

Warna cerah akan memberikan efek semangat pada keadaan sekitar, sedangkan warna-warna pastel yang tegas akan memberi efek cozy dan rilek pada seseorang. Nah untuk lebih jelasnya efek apa yang diberikan oleh sebuah warna berikut sedikit ulasannya.

dinding dapur dark blue - Tips Menata Desain Interior Rumah

Merah. Warna ini menandakan rasa kemarahan atau ambisius dan termasuk warna kuat. Apabila ingin menggunakan warna ini untuk desain interior rumah yang tidak terlalu luas atau sempit, gunakan hanya sebagai pola tambahan atau aksen pada desain interior rumah kamu.

Ungu. Warna ini memberikan efek fancy dan mewah pada desain interior rumah kamu. Sama halnya dengan warna merah warna ungu yang terkesan muram lebih baik digunakan sebagai aksen tambahan.

Hitam. Warna ini memberikan efek tegas dan megah pada interior rumah kamu.

Biru. Warna biru menandakan sesuatu yang damai, sunyi, kealamian, cocok bagi kamu yang menginginkan kesanĀ  yang damai.

Hijau. Warna hijau ini menggambarkan dedaunan, keasrian alam dan ketenangan. Bagi kamu yang menginginkan suasana alami seperti suasana desa dengan hamparan sawah hijaunya, warna ini cocok untuk rumah kamu.

Coklat. Warna ini termasuk warna hangat, keakraban dan keteduhan. Pilihan yang bagus jika kamu ingin mengaplikasikannya keruang tamu.

Orange. Serupa dengan warna diatas warna orange juga memberikan kesan hangat pada ruangan.

Kuning. Warna ini memberikan efek ceria dan semangat. Hindari menggunakan warna ini untuk desain interior kamar tidur rumah kamu.

Putih. Warna ini merupakan warna netral yang cocok untuk dipadu padankan dengan warna-warna lainnya. Yang pastinya jika kamu ingin ruangan terkesan lebih luas warna ini cocok untuk desain interior.

Abu-abu. Warna ini melambangkan kebijaksanaan, pemikiran, kecerdasan yang memberikan kesan damai dan tentram pada rumah kamu.

Letak perabotan atau furniture.
Peletakkan perabotan rumah atau furniture di dalam rumah sangat mempengaruhi kesan yang diberikan pada ruangan, apakah ruangan akan terkesan lebih sempit atau lebih lebar dan luas. Jangan hanya ingin desain interior rumah kamu tapak lebih luas kamu tidak meletakkan apapun pada ruangan tersebut.

furnitur minimalis untuk apartemen - Tips Menata Desain Interior Rumah

Gunakan furniture yang sekiranya dibutuhkan dan jangan berlebihan yang hanya akan menambah kesan sumpek pada ruangan. Hal yang penting lainnya gunakan furniture yang selaras dengan tema dari desai interior rumah kamu.

Pencahayaan dan ventilasi udara.

Sebagus dan sekeran apapun desain interior rumah kamu akan tampak minus jika pencahayaan dan ventilasi udara dalam rumah kamu tidak tertata dengan baik. Pastikan dalam ruangan mendapat pencahayaan dari sinar matahari langsung yang cukup dan ventilasi untuk menunjang sirkulasi udara yang bagus di dalam ruangan.

Beberapa tips dalam menata interior rumah tadi semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian, yang paling penting dari semuanya adalah jaga kebersihan rumah kalian dan jangan jorok.

Share This